RPP Prakarya Pengolahan Kelas 7 Revisi 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                : SMP Negeri
Mata Pelajaran   : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester  : VII / 1
Materi Pokok      : Pengolahan Minuman Segar
Alokasi Waktu    : 4 Pertemuan (8 JP)

A. Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator

No

Kompetensi Dasar

Indikator
1
1.1  Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1 Bersemangat mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat.
1.1.2 Serius mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat.
2
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.1.1 Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
2.1.2 Tidak puas pada jawaban yang diberikan guru dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
2.1.3 Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi   dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
2.1.4 Tidak menyela pembicaraan saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
3
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.



3.1.1 Menjelaskan pengertian minuman segar.
3.1.2 Mengidentifikasi  jenis  olahan pangan buah dan sayuran  menjadi minuman segar yang terdapat di wilayah setempat.
3.1.3 Menjelaskan manfaat dan kandungan gizi bahan pangan  buah dan sayuran untuk olahan minuman segar khas di daerah setempat.
3.1.4  Menjelaskan teknik  pengolahan minuman dari buah dan sayuran menjadi minuman segar khas di daerah setempat.
3.1.5  Menjelaskan tahapan pembuatan minuman segar khas di daerah setempat dari buah dan sayuran.
4
4.1. Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat

4.1.1 Merancang pembuatan  minuman segar khas di daerah setempat dari buah dan sayuran.
4.1.2  Membuat minuman segar khas di daerah setempat dari buah dan sayuran.
4.1.3 Menyajikan dan mengemas  minuman  segar khas di daerah setempat dari buah dan sayuran .


C.     Tujuan Pembelajaran

KI-1 dan KI-2

Peserta didik diharapkan:
1.1.1 bersemangat mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat;
1.1.2  serius mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat;
2.1.1  suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat;
2.1.2 tidak puas pada jawaban yang diberikan guru dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat;
2.1.3 menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat; dan
2.1.4 tidak menyela pembicaraan saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.

KI-3  dan KI-4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pengolahan minuman segar peserta didik diharapkan dapat:
3.1.1. menjelaskan pengertian minuman segar;
3.1.2  mengidentifikasi  jenis  olahan pangan minuman segar dari buah dan sayuran yang
         terdapat di wilayah setempat;
3.1.3.2  menjelaskan manfaat/ kandungan buah;
3.1.4.2  menjelaskan manfaat/ kandungan sayuran;
3.1.4 menjelaskan teknik pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran;
3.1.5  menjelaskan tahapan pembuatan minuman segar dari buah dan sayuran;
4.1.1.1  merencanakan pengolahan minuman segar dari buah kelapa
4.1.1.2  merencanakan pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran khas di daerah
setempat;
4.1.2.1  membuat minuman segar dari buah buah kelapa;
4.1.2.2  membuat minuman segar segar  dari buah dan sayuran khas di daerah setempat;
4.1.3.1  menyajikan minuman segar dari buah kelapa;
4.1.3.2   menyajikan minuman segar dari buah dan sayuran khas di daerah setempat;
4.1.3.3. mengemas  minuman segar dari buah kelapa;
4.1.3.4 mengemas  minuman segar dari buah dan sayuran khas di daerah setempat.

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan Kesatu
1.   Pengertian minuman segar
2.   Jenis minuman segar di daerah setempat
3.   Manfaat/kandungan buah yang digunakan untuk bahan minuman segar khas di daerah setempat.
4.   Manfaat/kandungan sayuran yang digunakan untuk bahan minuman segar khas di daerah setempat.
5.   Teknik pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran.
6.   Tahapan pengolahan minuman segar dari buah kelapa.
7.   Tahapan pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran .

Pertemuan Kedua
1. Merencanakan pengolahan minuman segar es kelapa muda.
2. Merencanakan pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran, khas di daerah setempat.

Pertemuan Ketiga
·      Praktik pengolahan, penyajian dan pengemasan minuman segar es kelapa muda.

Pertemuan Keempat
·   Praktik pengolahan, penyajian dan pengemasan minuman segar dari buah dan sayuran, khas di daerah setempat.

E.      Metode Pembelajaran

1.Pendekatan saintifik
2.Pembelajaran berbasis projek

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Media                :  Video/Chart/gambar-gambar tentang minuman segar.
2. Alat dan bahan            :
3. Lembar Kerja Siswa,
4. Hand out materi ajar : Beragam cita rasa minuman daerah,
5. Job sheet,
6. File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait dengan proses pembuatan minuman segar.
7. Contoh produk minuman segar es kelapa muda, es campur, es rumput laut, dsb.
8. Bahan dan alat praktik
No
Jenis
Jumlah
Satuan
A
Bahan


1
Kelapa muda
1
Butir
2
Air putih
1
Gelas
3
Gula
50
Gram
4
Es batu
1
Secukupnya
B
Alat


1
Golok
1
Buah
2
Alat pengerok buah kelapa
1
Buah
3
Mangkok
1
Buah
4
Sendok makan
1
Buah
5
Sendok besar
1
Buah
6
Sendok plastik
1
Buah
7
Gelas plastik
1
Buah



1.   Sumber Belajar
a.   Kemdikbud.2014.Prakarya SMP/ MTs Kelas VII. Kemdikbud RI.Jakarta (hal: )
b.   Kemdikbud.2014.Buku Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas VII. Kemdikbud RI .Jakarta (hal:)
c.    Beragam cita rasa minuman daerahhttp://kulinologi.biz/index1.php?view&id=781 diambil pada tanggal 21 Juli 2013).
d.   Narasumber (misalnya: Penjual es kelapa muda di sekitar sekolah)

G. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Kesatu

1.   Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
a.      Guru mengucapkan salam.
b.      Berdoa.
c.       Guru mengecek kehadiran peserta didik.
d.      Guru memotivasi peserta didik secara fisik dan mental dalam menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, misalnya: melalui media chart/gambar-gambar/produk minuman segar guru menunjukkan beberapa contoh minuman segar misalnya: es kelapa muda, es campur dan es rumput laut dengan tujuan untuk memusatkan perhatian peserta didik pada materi pengolahan minuman segar.
e.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan contoh-contoh minuman segar dalam chart/gambar/produk minuman segar tersebut misalnya:“Anak-anak, perhatikan minuman ini! Minuman apakah ini? Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang minuman segar ”dsb.
f.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
g.      Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama tentang : pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi buah dan sayuran, teknik pengolahan, penyajian dan kemasan  minuman segar dari buah dan sayuran.

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Mengamati
Peserta didik dipandu oleh guru dalam kelompok, mengamati beberapa contoh minuman segar melalui video tentang minuman segar/chart/gambar dan beberapa contoh minuman segar yang disiapkan oleh guru, misalnya: es kelapa muda, es campur, es rumput laut, dsb.
Contoh gambar-gambar minuman segar:
1). Es Oyen dari Bandung

Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6OFCj4n8VMeQ5HrJE1qN49qAgfOijONkfs4gPGtjh-3qms3Az_LF4FtmyU3FSxQPIryWKjREaR2czS3H1DBn8KCzKAlLLXYJDDy8a5Xik4KijcwetHUWzuaHU0G2SI4xfz0UH30BsFGJR/s640/es+oyen+-+tradisional+drink+Indonesia.jpg


2). Es Doger dari Betawi
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUjWzU5G64zqDkm80D4WN2ZBwlCeUTx4aUKs-dlEaJT4wzMqKKHDWjZ_z6tXFGRrhfj531jy2QNR-MGbJcThZ6viOKsKayKIqv3j3C-XlYYQfx3I8fvUUt48LXBzjOfBRkbwjBD-Li0FQz/s640/es+doger+-+tradisional+drink+Indonesia.jpg

b. Menanya
1). Peserta didik dipandu oleh guru merumuskan  pertanyaan, misalnya:
a). “Buah dan sayuran apa saja yang dapat diolah untuk minuman?”
b). Bagaimana  cara membuatnya?”
2). Peserta didik mengemukakan hipotesis misalnya: Banyak jenis buah dan sayuran bisa dibuat/diolah menjadi minuman dengan cara dihaluskan dengan blender, diparut atau diulek. Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data atau informasi.

c.    Mencoba/ mengumpulkan data atau informasi
Peserta didik berkelompok, mengisi lembar kerja (tabel) yang telah disiapkan oleh guru dengan membaca buku siswa, buku referensi yang disiapkan oleh guru ataupun ditemukan oleh siswa dan handout materi ajar  untuk mendapatkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan,diantaranya: pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi bahan pangan, tahapan pembuatan, penyajian dan kemasan  minuman segar.

d.   Mengasosiasi/ menganalisis data atau informasi
Peserta didik  dengan bimbingan guru menganalisis data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Sebagai contoh, peserta didik menyimpulkan bahwa minuman segar adalah minuman yang menghilangkan rasa dahaga, menyegarkan, terasa nyaman, ringan, dan menyehatkan. Buah dan sayuran dapat dibuat minuman segar, dsb.

e. Mengkomunikasikan
Peserta didik/wakil dari setiap kelompok mempresentasikan kesimpulan tentang konsep yang telah dikonstruk oleh peserta didik dalam kelompoknya berkaitan dengan minuman segar, sebagai contoh: peserta didik mempresentasikan pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi buah dan sayuran, teknik pengolahan, penyajian dan kemasan  minuman dari buah dan sayuran menjadi minuman segar khas di daerah setempat.

3.   Kegiatan Penutup (12 menit)
a.   Peserta didik dibimbing guru merefleksi seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dan menyimpulkan konsep yang telah dikonstruk oleh peserta didik berkaitan dengan minuman segar, misalnya: buah dan sayuran bisa  dibuat minuman segar karena merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat alami serta mengandung komponen bioaktif yang memberikan dampak positif pada fungsi metabolisme manusia, dsb.
b.   Peserta didik dengan bimbingan guru merefleksi sikap spiritual dan sosial yang dapat terbentuk pada diri peserta didik melalui aktivitas pembelajaran, misalnya: sikap bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga kelestarian olahan minuman segar di daerah setempat serta rasa ingin tahu dan santun dalam menggali informasi tentang produk olahan minuman  segar.
c.    Guru melakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan lisan berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar tentang Pengolahan Minuman Segar. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan minuman segar!”, dsb.
d.   Peserta didik menerima tugas dari guru untuk melakukan observasi dan wawancara terhadap penjual minuman segar khas daerah mereka.
e.   Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kedua

1.   Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
a.   Guru mengucapkan salam.
b.    Berdoa.
c.    Mengecek kehadiran peserta didik
d.   Guru memotivasi peserta didik dengan memerintahkan agar peserta didik memperhatikan tayangan media video/chart/gambar-gambar tentang produk minuman segar dari buah dan sayuran di daerah setempat, misalnya: es kelapa muda , setup nanas, es jeruk, dsb.
e.    Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni tentang observasi dan wawancara terhadap penjual minuman segar khas daerah mereka. Hasil observasi tersebut akan dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk merencanakan pengolahan minuman segar khas di daerah mereka.
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kedua, yaitu: merencanakan pengolahan minuman segar es kelapa muda dan pengolahan minuman segar khas di daerah setempat.
g.   Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan minuman segar pada pertemuan kedua tentang tahapan pengolahan minuman segar es kelapa muda dan pengolahan minuman segar dari buah dan sayuran, khas di daerah setempat yaitu: perencanaan, persiapan, pengolahan/pembuatan serta penyajian dan pengemasannya.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Peserta didik menyimak buku siswa tentang tahapan pembuatan es kelapa muda dilanjutkan dengan memperhatikan tayangan video proses pembuatan es kelapa muda.
b.Peserta didik berkelompok, membaca buku siswa,  hand out materi ajar tentang tahapan pengolahan minuman segar es kelapa muda dan pengolahan minuman segar khas di daerah setempat yaitu: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan  serta penyajian dan pengemasannya.
c.  Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi kelompok, mengisi lembar kerja (tabel) yang telah disiapkan oleh guru dengan mencermati buku siswa, buku referensi yang disiapkan oleh guru ataupun siswa, handout materi ajar serta hasil tugas observasi dan wawancara tentang minuman segar untuk memperoleh pengetahuan tentang tahapan pengolahan minuman segar es kelapa muda dan pengolahan minuman segar khas di daerah setempat yang meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan  serta penyajian dan pengemasannya.
d.   Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi kelompok merencanakan pembuatan minuman segar es kelapa muda yang meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan  serta penyajian dan pengemasan minuman segar es kelapa muda.
e.  Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi kelompok merencanakan pembuatan minuman segar khas di daerah setempat yang meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/pembuatan serta penyajian dan pengemasan minuman segar khas di daerah setempat.
f.  Peserta didik wakil dari setiap kelompok dipandu guru mempresentasikan  kesimpulan dari hasil diskusi mereka.
g. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi semua kelompok dan membahas pembagian tugas kelompok untuk persiapan praktik.

3. Kegiatan Penutup (12 menit)
a. Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dengan menyimpulkan konsep dalam merencanakan pembuatan minuman segar khas di daerah setempat yang telah dikonstruk oleh peserta didik berkaitan dengan minuman segar,dengan memberikan pertanyaan lisan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar bagaimana merencanakan pembuatan minuman segar dari buah dan sayuran contohnya es kelapa muda. Pandu, jelaskan tahapan pembuatan minuman segar  es kelapa muda yang akan kamu praktikkan minggu depan!”
b.Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu praktik pembuatan minuman segar es kelapa muda.
c. Peserta didik menerima tugas dari guru agar membawa bahan dan peralatan berdasarkan pembagian tugas dalam kelompok untuk praktik pembuatan minuman segar es kelapa muda pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ketiga

1. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
a.   Mengucap salam, berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.   Guru memberikan motivasi dengan bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik mengolah minuman segar es kelapa muda yang dilanjutkan dengan apersepsi dengan bertanya kepada peserta didik mengenai kelengkapan bahan dan alat untuk mengolah minuman segar es kelapa muda.
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga.
d.   Guru menyampaikan cakupan materi praktik pengolahan minuman segar es kelapa muda.

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
·      Peserta didik bekerja berkelompok untuk:
a. membaca Job sheet tentang pengolahan minuman segar es kelapa muda yang akan dipraktikkan;
b. melakukan persiapan sesuai deskripsi tugas masing-masing untuk praktik mengolah minuman segar es kelapa muda;
c. mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik mengolah minuman segar es kelapa muda;
d. melakukan proses pengolahan minuman segar es kelapa muda berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja:
1). menggunakan celemek, mengikat rambut yang panjang dan cuci tangan sebelum bekerja atau memakai sarung tangan plastik;
2). bekerjasama dalam penggunaan alat dan bahan saat melakukan praktik pengolahan minuman segar es kelapa muda;
3). teliti dalam melakukan berbagai kegiatan ketika praktik pengolahan minuman segar es kelapa muda;
4). hati-hatilah dalam bekerja baik saat menggunakan peralatan tajam, listrik, kompor gas/minyak tanah, maupun pecah belah;
5). jaga kebersihan dan kerapihan.
e. melakukan penyajian  dan pengemasan minuman segar es kelapa muda dan memperhatikan keselamatan kerja;
f. membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja;
g. mengembalikan dengan benar semua alat dan bahan yang telah selesai dipergunakan untuk kegiatan praktik;
h. Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi hasil praktik produk minuman segar es kelapa muda.

3.Kegiatan Penutup (12 menit)
a.Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap seluruh aktivitas pembelajaran praktik minuman segar es kelapa muda, dilanjutjan dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar bagaimana membuat minuman segar es kelapa muda. Jelaskan bagaimana cara menyajikan dan mengemas minuman segar es kelapa muda yang telah kamu praktikkan!”
b.Peserta didik bersama guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu praktik pembuatan minuman segar dari buah dan sayuran, khas daerah setempat.
d. Peserta didik menerima tugas dari guru agar membawa bahan dan peralatan berdasarkan pembagian tugas dalam kelompok untuk praktik pembuatan minuman segar tersebut pada pertemuan berikutnya.

           Pertemuan Keempat

1.Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
a.Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.Guru bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik mengolah minuman segar khas di daerah setempat.
c. Guru memberikan apersepsi dengan bertanya kepada peserta didik mengenai praktik membuat minuman segar es kelapa muda pada pertemuan sebelumnya, misalnya:” Anak-anak, minggu lalu kalian telah belajar membuat minuman segar es kelapa muda, hari ini kita akan praktik membuat minuman segar khas daerah sesuai kesepakatan kelompok masing-masing. Sebelum kita mulai praktik, adakah di antara kalian yang mau bertanya?”dsb.
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga.
e.  Guru menyampaikan cakupan materi praktik pengolahan minuman segar khas di daerah setempat.

2.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Peserta didik bekerja berkelompok untuk:

a.      membaca Job sheet tentang pengolahan minuman segar khas di daerah setempat yang akan dipraktikkan;
b.      melakukan persiapan sesuai deskripsi tugas masing-masing untuk praktik mengolah minuman segar khas di daerah setempat;
c.       mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik mengolah minuman segar khas di daerah setempat;
d.      melakukan proses pengolahan minuman segar khas di daerah setempat berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja:
1). menggunakan celemek, mengikat rambut yang panjang dan cuci tangan sebelum bekerja atau memakai sarung tangan plastik;
2). bekerjasama dalam penggunaan alat dan bahan saat melakukan praktik pengolahan minuman segar khas di daerah setempat;
3). teliti dalam melakukan berbagai kegiatan ketika praktik pengolahan minuman segar khas di daerah setempat;
4). hati-hati dalam bekerja baik saat menggunakan peralatan tajam, listrik, kompor gas/minyak tanah, maupun pecah belah;
5). jaga kebersihan dan kerapian.
e.       melakukan penyajian  dan pengemasan minuman segar es kelapa muda dengan memperhatikan keselamatan kerja;
f.        membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja;
g.      mengembalikan dengan benar semua alat dan bahan yang telah selesai dipergunakan untuk kegiatan praktik;
h.      Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi hasil praktik produk minuman segar khas di daerah setempat.

3.   Kegiatan Penutup (12 menit)
a.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi hasil pembelajaran berkaitan dengan materi praktik minuman segar khas di daerah setempat.
b.      Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik yang berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar bagaimana membuat minuman segar khas di daerahmu. Pandu, jelaskan bagaimana cara menyajikan dan mengemas minuman segar khas daerah yang telah kamu praktikkan!”
c.      Peserta didik menerima tugas dari guru untuk melakukan browsing di internet tentang proses pembuatan minuman segar khas daerah lainnya.
d.     Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    Penilaian

1.        Kompetensi Sikap Spiritual
a.      Teknik Penilaian         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen      : Lembar Observasi
c.       Kisi-kisi
No.
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
Indikator
Jumlah Butir
1
Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat.

1
2. Serius mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat.
1

d.    Instrumen                                    : lihat Lampiran 1A dan  1B
e.     Petunjuk Penghitungan Skor : lihat Lampiran 3

3.        Kompetensi Sikap Sosial
a.   Teknik penilaian        : observasi
b.   Bentuk instrumen      : lembar observasi
c.    Kisi-kisi

No.
Butir Nilai
(Sikap Sosial)
Indikator
Jumlah Butir
1
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
1.Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
2.Tidak puas pada jawaban yang diberikan guru saat bertanya dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
1
3.Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi   dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
4.Tidak menyela pembicaraan saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan minuman segar di daerah setempat.
1

d.   Instrumen                                   : lihat Lampiran 2A, 2B, 2C, 2D, 2E, dan 2F
e.    Petunjuk Penghitungan Skor : lihat Lampiran 3

3Pengetahuan
a. Teknik Penilaian         : Tes tertulis
b. Bentuk instrument      : Soal uraian
c. Kisi-kisi



No
Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor Butir Soal
1.
Menjelaskan  pengertian minuman segar dengan benar.
1
1
2.
Mengidentifikasi  jenis minuman segar di daerah setempat dari
buah dan sayuran dengan benar.
1
2
3.
Mengidentifikasi bahan buah dan sayuran sebagai untuk
minuman segar di daerah setempat dengan benar.
1
3
4.
Mendeskripsikan manfaat/ kandungan buah dan sayuran
sebagai bahan minuman segar di daerah setempat dengan benar.
1
4
5.
Mendeskripsikan 5 macam teknik pengolahan minuman segar di daerah setempat dari buah dan sayuran dengan benar.
1
5
6.
Mendeskripsikan rancangan pengolahan minuman segar es
 kelapa muda dengan benar.
1
6
7.
Mengidentifikasi alat  yang dibutuhkan untuk pengolahan
minuman segar es kelapa muda dengan benar.
1
7
8.
Mendeskripsikan proses pengolahan minuman segar es kelapa muda dengan benar.
1
8
JUMLAH
10
10
            d. Instrumen                                           : lihat Lampiran 4A
     e. Petunjuk Penghitungan Skor   : lihat Lampiran 4B

4. Keterampilan
a.  Teknik Penilaian   : Praktik
b. Bentuk Instrumen  : Lembar Pengamatan Praktik
c. Kisi-kisi
No
Aspek
Indikator
Deskriptor
A
Proses
Ide gagasan
Ide gagasan didasari oleh potensi  pangan lokal dan kebutuhan masyarakat.
Kreativitas
Berfokus pada proses berfikir sehingga memunculkan ide-ide unik dan kreatif.
Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
Materi, teknik dan prosedur bersesuaian.
B
Produk
Uji karya/rasa
Harapan dan produk yang dihasilkan sesuai.
Kemasan/penyajian
Menarik, praktis dan higienis.
Kreativitas bentuk laporan
Cakupan komponen laporan lengkap disampaikan.
Presentasi/penampilan
Presentasi dengan percaya diri.
C
Sikap

Mandiri
Tidak tergantung orang lain dalam menuelesaikan tugas.
Disiplin
Waktu menyelesaikan tugas tepat.
Tanggung jawab
Memperhatikan keselamatan kerja.
d. Instrumen                           : lihat Lampiran 5A dan 5B
     e. Rubrik Penilaian              : lihat Lampiran 5C
Mengetahui
Kepala Sekolah
…Juli 2013
Guru Mata Pelajaran








Komentar

PTK Pendidikan Agama Kristen

Pengertian Contoh Soal Mean Median Modus Kuartil, dan Desil, Rumus, Serta Cara Menghitung

CARA RESERT PRINTER CANON DENGAN SERVICE TOOL V3400

FASILITAS BELAJAR ( FACILITATING LEARNING ) 2 Memfasilitasi Pembelajaran Rhonda Robinson Northern Illinois University Michael Molenda