Sabtu, 05 April 2014

Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara Menerima Mahasiswa baru dan Pindahan tahun ajaran 2014/2015



Sekilas Sejarah Logo UNIBRAH 

Logo UNIBRAH diciptakan oleh Bambang Supriyanto setelah melakukan diskusi berkepanjangan dengan La Syamsudin (Rektor UNIBRAH) tentang kondisi masyarakat di Tidore-Sofifi. Proses pembuatan sketsa logo membutuhkan waktu yang lama, karena harus menyelami detail informasi masyarakat Maluku Utara, Yayasan Harisul Khairaat, dan terawangan masa depan UNIBRAH sesuai cita-cita para pemrakarsa terutama Bapak Hi. Hadirudin Haji Saleh sebagai Ketua Pembina Yayasan dan Bapak Ir. Hasan Husain Doa, MT sebagai Ketua Pengurus Yayasan. Akhirnya logo UNIBRAH berhasil dibentuk melalui sketsa vector pada tanggal 20 Mei bertepatan dengan hari kebangkitan nasional. Logo diambil dari inspirasi pohon Bakau atau Mangrove (Rhizophoraceae). Berikut penjelasan tentang alasan pemilihan mangrove.
4 Alasan memilih mangrove sebagai prototype logo UNIBRAH :
1.    Paling banyak ditemukan diseluruh pesisir pulau-pulau di Maluku Utara. Seluruh tempat di kepulauan Maluku Utara pasti menemukan tumbuhan ini.
2.    Fungsinya yang sangat vital untuk melindungi daratan pulau-pulau di Maluku Utara dari abrasi laut. Mangrove berfungsi sebagai peredam penjalaran tsunami pantai, pengurai zat-zat pencemar.
3.    Tempat pengembang biakan biota laut (ikan dan mahluk hidup lainya) yang menjadi sumber pencaharian masyarakat kepulauan Maluku Utara
4.    Memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai kayu yang dapat diolah untuk kepentingan masyarakat. Berdasarkan hasil riset, sedikitnya terdapat 64 turunan produk dari mangrove.
5.    Tumbuhan yang harus dilestarikan terutama diwilayah-wilayah kepulauan seperti Propinsi Maluku Utara.

Universitas Bumi Hijrah yang menggunakan kata “Bumi” memiliki tanggung jawab besar mewujudkan kehidupan bumi yang aman, damai, sejahtera, seimbang, berkelanjutan dan lestari yang salah satu upaya kearah itu adalah melestarikan mangrove.


Pada tahun ajaran 2014/2015 Universitas Bumi hijrah Maluku Utara kembali menerima mahasiswa baru dengan perincian sesuai dengan gambar dibawah ini



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar