Senin, 02 Juni 2014

NASIHAT-NASIHAT TUHAN TENTANG AJARAN-AJARAN OFFSHOOTS

Halo teman-teman pelayan, saya ingin bagikan Firman Tuhan dari inspirasi Roh Nubuatan tentang offshoots movement. Paling aman berteologia jangan pakai pendapat sendiri atau manusia tapi pendapat Tuhan.

NASIHAT-NASIHAT TUHAN TENTANG AJARAN-AJARAN OFFSHOOTS

I. HATI-HATI DENGAN AJARAN BARU DAN BAGAIMANA CARANYA BERHATI-HATI

Hati-hati dengan ajaran baru yang sifatnya 1)mengaku memiliki terang yang lebih besar, 2)menuduh-nuduh dan 3)merusak yang sudah ada.
2 SM 69 #101420 I warn the Seventh-day Adventist Church to be careful how you receive every new notion and those who claim to have great light. The character of their work seems to be to accuse and to tear down. Saya amarkan gereja MAHK agar hati-hati menerima setiap gagasan baru dan mereka yang mengaku mempunyai terang besar. Tanda-tanda pekerjaan mereka terlihat menuduh dan merusak. Surat16, 1893

Karena mereka bukan dipihak Tuhan maka jangan percaya mereka, jangan terima mereka, jauhkan diri dari mereka, jangan berfellowship dengan pekabaran mereka.
TM 51 #139897 Those who start up to proclaim a message on their own individual responsibility, who, while claiming to be taught and led of God, still make it their special work to tear down that which God has been for years building up, are not doing the will of God. Be it known that these men are on the side of the great deceiver. Believe them not. They are allying themselves with the enemies of God and the truth. They will deride the order of the ministry as a system of priestcraft. From such turn away, have no fellowship with their message, however much they may quote the Testimonies and seek to entrench themselves behind them. Receive them not, for God has not given them this work to do. The result of such work will be unbelief in the Testimonies, and, as far as possible, they will make of none effect the work that I have for years been doing. Mereka yang memulai mengumandangkan pekabaran dari kemauan mereka sendiri, yang sementara mengaku diajar dan dipimpin Allah tapi masih melakukan usaha khusus merusak apa yang Allah telah bangun selama bertahun-tahun, adalah tidak menunaikan kehendak Allah. Ketahuilah bahwa orang-orang ini berada dipihak penipu besar. Jangan percaya mereka. Mereka menggabungkan diri sendiri dengan musuh-musuh Allah dan kebenaran.Mereka mengejek tatatertib pelayanan sebagai sistem kelihaian imam. Dari yang sedemikian itu palingkan dirimu, jangan bersekutu dengan pekabaran mereka walaupun mereka banyak mengutip dari kesaksian (Roh Nubuat) dan berusaha berlindung di bawah (Roh Nubuat). Jangan terima mereka karena Allah tidak memberikan pekerjaan ini untuk mereka lakukan. Akibat usaha seperti ini, akan menjadikan tidak percaya terhadap kesaksian (Roh Nubuat) dan sejauh mungkin mereka akan menggagalkan usaha yang saya sudah kerjakan bertahun-tahun.

Pengkhianat-pengkhianat akan muncul, jauhilah mereka.
TM 22 #139837 Bila orang-orang muncul, mengaku memiliki pekabaran dari Allah, tapi gantinya berperang dengan kerajaan dan kuasa dan pemerintah-pemerintah kegelapan dunia ini, mereka membuat lubang persegi dan membalikkan senjata-senjata perang mereka melawan gereja yang masih berjuang, jauhilah mereka. Mereka tidak membawa mandat Ilahi.Allah tidak memberikan tugas seperti itu kepada mereka. Mereka hanya akan meruntuhkan apa yang Allah akan bangun melalui pekabaran-pekabaran kepada Laodikea.

Jangan terima dan jangan ucapkan selamat kepada yang memanggil umat keluar dari MAHK.
TM 41 #139878 Bila ada yang muncul diantara kita atau diluar kita yang membawa-bawa pekabaran yang menyatakan bahwa umat-umat Allah dianggap sama dengan Babilon dan menggangap bahwa seruan nyaring adalah panggilan keluar dari padanya, ketahuilah olehmu bahwa ia tidak membawa pekabaran yang benar. Jangan terima dia jangan ucapkan selamat kepadanya; karena Allah tidak berbicara melalui dia dan juga Allah tidak memberikan pekabaran itu padanya tapi ia hanya pergi walaupun tidak disuruh. R&H August, sept, 1883.

II. AKIBAT-AKIBAT BILA MEMBERIKAN PERHATIAN KEPADA PEKABARAN PALSU

Orang yang memberi perhatian pada pekabaran palsu dan coba pengaruhi orang lain akan siap menerima penipuan yang lebih luas dan berakhir dengan kesia-siaan.
2 SM 69 #101418 Mereka yang memberikan perhatian pada pekerjaan palsu ini dan mencoba mempengaruhi yang lain, akan tertipu dan tersedia untuk menerima penipuan yang lebih luas dan mereka akan tiba pada kesia-siaan. Surat 16,1893
Yang gampang terpengaruh sekarang akan lebih lagi bila setan membuat mujizat.
2 SM 394 #102682 Pemberontakan dan kemurtadan berada dekat sekali di udara dimana kita bernafas. Kita akan terpengaruh kecuali oleh iman kita menggantungkan ketidakberdayaan jiwa kita pada Kristus. Bila orang-orang begitu gampang disalaharahkan sekarang, bagaimana mungkin mereka dapat bertahan bila setan meniru rupa Kristus dan membuat mujizat-mujizat? Siapa yang tidak tergerak dengan penyajiannya yang keliru waktu itu yang mengaku sebagai Kristus padahal adalah setan yang berpura-pura Kristus?

III. HANYA MEMILIH-MILIH KUTIPAN ROH NUBUAT YANG MENYOKONG PENDAPAT SENDIRI ADALAH KEPALSUAN

Juru kabar palsu mencampur aduk kepalsuan dengan tulisan-tulisan Roh Nubuat.
TM 42 #139879 It will be found that those who bear false messages will not have a high sense of honor and integrity. They will deceive the people, and mix up with their error the Testimonies of Sister White, and use her name to give influence to their work. They make such selections from the Testimonies as they think they can twist to support their positions, and place them in a setting of falsehood, so that their error may have weight and be accepted by the people. They misinterpret and misapply that which God has given to the church to warn, counsel, reprove, comfort, and encourage those who shall make up the remnant people of God. Those who receive the Testimonies as the message of God will be helped and blessed thereby; but those who take them in parts, simply to support some theory or idea of their own, to vindicate themselves in a course of error, will not be blessed and benefited by what they teach. To claim that the Seventh-day Adventist Church is Babylon, is to make the same claim as does Satan, who is an accuser of the brethren, who accuses them before God night and day.
Akan didapati bahwa mereka yang membawa pekabaran-pekabaran palsu ini tidak ada kejujuran dan hormat. Mereka menipu orang-orang dan mencampur aduk kepalsuan dengan kesaksian dari Ny. White lalu menggunakan namanya untuk menguatkan pengaruh pekerjaan mereka. Mereka memilih-milih dari keskasian Roh Nubuat yang mereka yakin sedemikian rupa untuk menopang pendirian mereka dan menempatkannya pada latarbelakang kepalsuan, sehingga kesalahan-kesalahan ini mendapat bobot untuk diterima oleh orang-orang. Mereka salah interpretasikan dan salahmenerapkan apa yang Allah berikan kepada gereja, untuk mengamarkan, menasehati, menegur, menghibur dan mendorong mereka yang membentuk diri sebagai umat Allah yang sisa. Mereka yang menerima Kesaksian itu sebagai pekabaran dari Allah akan tertolong dan terberkati karenanya; tetapi mereka yang hanya mengambil sebagian-sebagian semata-mata hanya untuk menyokong teori dan pendapat mereka sendiri, membuktikan bahwa diri mereka sendiri sedang berada pada jalur yang salah, dan tidak akan diberkati dan diuntungkan dengan apa yang mereka ajarkan. Menegaskan bahwa MAHK adalah Babilon sama dengan penegasan Setan, penuduh segala saudara itu, yang menuduh mereka (umat Allah) dihadapan Allah siang malam.

Allah menghukum orang-orang yang mengutip Roh Nubuat untuk menyokong pendapat sendiri
TM 32 #139864 (Ellen White berbicara tentang mereka yang salah gunakan Roh Nubuat). Tanpa seizin saya mereka memilih dari kesaksian (Roh Nubuat) dan memasukkannya pada surat-surat edaran yang mereka cetak untuk membuat seolah-olah tulisan-tulisan saya merestui dan menyokong pendirian yang mereka anjurkan.Dalam melakukan hal ini mereka telah mengerjakan sesuatu yang tidak adil dan tidak benar. Dengan cara menggunakan kebebasan yang tidak dapat dibenarkan ini mereka menyampaikan kepada orang-orang sebuah teori yang bersifat menipu dan merusak. Pada waktu-waktu yang lalu orang-orang lain sudah melakukan cara yang sama dan membuat seolah-olah Kesaksian (Roh Nubuat) menyokong pendirian mereka yang palsu dan tak dapat dipertahankan. . . .Allah akan menghukum mereka yang menggunakan kebebasan yang tidak terpuji untuk memberi kekuatan dan pengaruh kepada apa yang mereka anggap benar.

Menganggap MAHK Babilon adalah sama dengan penegasan Setan. Roh Nubuat harus ditempatkan pada kerangka kebenaran.
TM 42 #139879 (EGW berbicara tentang mengutip sebagian-sebagian saja dari Roh Nubuat) Tetapi mereka yang mengambilnya sebagian-sebagian saja dalam menyokong teori dan ide-ide mereka sendiri untuk mempertahankan diri pada jalur yang salah, akan tidak beroleh berkat dan keuntungan-keuntungan dari apa yang mereka ajarkan. Menegaskan bahwa MAHK adalah Babilon sama dengan penegasan Setan, penuduh segala saudara itu, yang menuduh mereka (umat Allah) dihadapan Allah siang malam. Oleh salah gunakan kesaksian (Roh Nubuat) jiwa-jiwa dijadikan bingung karena mereka tidak dapat mengerti hubungan kesaksian dengan pendirian yang dianut oleh mereka yang dalam kesalahan, karena Allah bermaksud bahwa kesaksian harus selalu ditempatkan pada latar belakang kerangka kebenaran.

IV. UANG YANG MEREKA GUNAKAN MENJADI KUTUK

Uang yang mereka gunakan telah menjadi kutuk gantinya berkat.
TM 43 #139881 Uang yang harus digunakan untuk pelaksanaan pekerjaan yang baik dalam membangun rumah-rumah ibadah, membangun sekolah-sekolah untuk mendidik pekerja-pekerja buat ladang misi, untuk melatih orang-orang muda pria dan wanita agar mereka maju dan bekerja dengan sabar, dengan hikmat dan dengan ketabahan agar mereka boleh menjadi alat yang olehnya orang-orang dapat disiapkan untuk berdiri pada hari besar Allah, telah dialirkan dari jalur kebergunaan dan berkat kepada jalur kejahatan dan kutuk.

V. BENARKAH KITA TIDAK TERIKAT KEPADA ORGANISASI GEREJA TAPI HANYA KEPADA KRISTUS?

Menganggap bertanggung jawab saja kepada Yesus lalu memisahkan diri dari para pengikut yang diakuiNya di dunia ini, jelas dipersalahkan oleh Yesus.
3T433 #129237 Banyak orang yang memiliki pendapat bahwa mereka hanya bertanggung jawab saja kepada Kristus dalam hal terang dan pengalaman, terpisah dari para pengikut yang diakuiNya di dunia ini. Tetapi hal ini dipersalahkan oleh Yesus.

Keliru dan tidak dipimpin Allah kalau menarik diri dari BADAN TERORGANISASI jemaat Allah
3 SM 17,18 #103021 When anyone is drawing apart from the organized body of God's commandmentkeeping people, when he begins to weigh the church in his human scales and begins to pronounce judgment against them, then you may know that God is not leading him. He is on the wrong track. Bila seseorang menarik diri dari badan terorganisasi umat Allah pemelihara hukum, apabila ia mulai menghakimi gereja dengan pertimbangan manusiawinya dan mulai menyatakan pendapatnya melawan mereka, maka ketahuilah olehmu bahwa ia tidak dipimpin Allah. Ia sedang berada pada jalur yang keliru.

Prinsip-prinsip yang telah membuat kita menjadi MAHK harus dipertahankan sampai akhir dan melangkah keluar dari MAHK sekarang ini berarti kemurtadan
2 SM 389,390 #102660 . . . .prinsip-prinsip berharga kebenaran zaman ini . . . . diberikan kepada pekerja-pekerja yang mengambil bagian dalam gerakan ini sejak mula. . . . Mereka yang melewati pengalaman ini haruslah menjadi teguh bagai batu karang pada prinsip-prinsip yang telah membuat kita menjadi MAHK. . . .Mereka harus mempertahankan permulaan dari pegangan mereka sampai akhir. . . .Setiap tiang yang Ia sudah dirikan harus dikuatkan. Kita tidak boleh pada sekarang ini melangkah keluar dari fondasi yang Allah telah dirikan. Karena hal ini akan berarti murtad dari kebenaran. Manuscript 129,1905.

VI. ORGANISASI ITU PENTING SEHINGGA TIDAK BISA DIABAIKAN, KARENA DIDIRIKAN ATAS PETUNJUK ALLAH.

Ellen G. White salah satu pendiri gereja MAHK.
TM 24, 1901 #139839 Sudah hampir empat puluh tahun sejak organisasi diperkenalkan diantara kita sebagai umat. Saya adalah salah satu dari sejumlah orang-orang yang mendirikan gereja itu sejak mula.

Organisasi itu tidak dapat diabaikan saja
As our numbers increased, it was evident that without some form of organization there would be great confusion, and the work would not be carried forward successfully. To provide for the support of the ministry, for carrying the work in new fields, for protecting both the churches and the ministry from unworthy members, for holding church property, for the publication of the truth through the press, and for many other objects, organization was indispensable. {TM 26.2}

Organisasi itu penting
#139847 . . . . We sought the Lord with earnest prayer that we might understand His will, and light was given by His Spirit . . . that organization was essential. {TM 26.3} . . . The system of organization has proved a grand success. . . . As we have advanced, our system of organization has still proved effectual. {TM 27.2}

Biarlah jangan ada orang yang memanja pendapat bahwa organisasi itu bisa ditiadakan saja
Let none entertain the thought that we can dispense with organization. It has cost us much study and many prayers for wisdom, that we know God has answered, to erect this structure. It has been built up by His direction, through much sacrifice and conflict. TM 28 #139852

VII. ALLAH HANYA MEMILIKI SATU GEREJA SAJA DI DUNIA INI

Satu-satunya gereja Allah yaitu yang ditandai keunggulan dalam fasilitas.
TM 58 #139913 God has a distinct people, a church on earth, second to none, but superior to all in their facilities to teach the truth, to vindicate the law of God. Allah memiliki umat istimewa, sebuah gereja di atas bumi, tidak ada lain, selain unggul dalam semua fasilitas untuk mengajarkan kebenaran, mempertahankan hukum Tuhan.

Allah hanya memiliki satu gereja, Allah tidak mempunyai cabang-cabang liar seperti gerakan-gerakan sempalan sekarang.
TM 61 #139923 Allah memiliki sebuah gereja diatas bumi yang adalah umat pilihanNya yang memelihara hukum-hukumNya. Ia sedang memimpin bukan cabang-cabang liar, bukan satu disini dan satu disana, tetapi satu umat.

Hanya satu saja gereja Tuhan di dunia ini, dan yang menganggap gereja itu Babilon adalah sama dengan setan, yaitu penuduh sesama saudara
FLB 305 #41188 Hanya satu saja gereja di dunia ini yang pada masa kini sedang bertahan terhadap serangan, . . . dan bagi orang yang menarik perhatian dunia dan gereja-gereja lain pada gereja ini dengan menuduhnya sebagai Babilon, adalah sedang melakukan pekerjaan yang sejalan dengan dia (Setan) yang adalah penuduh sesama saudara.

Melangkah keluar dari MAHK sekarang ini berarti kemurtadan
Kita tidak boleh pada sekarang ini melangkah keluar dari fondasi yang Allah telah dirikan. Karena hal ini akan berarti murtad dari kebenaran. Manuscript 129,1905. #102660

Nama gereja yang diakui Ellen G. White.
2 SM 384 #102639 Kita adalah MAHK. Malukah kita dengan nama kita? Kami menjawab tidak, tidak! Kita tidak perlu malu. Itu adalah nama yang Allah berikan kepada kita. Itu menunjuk kebenaran yang adalah ujian bagi gereja. Surat 110,1902
2 SM 384 Kita adalah MAHK, dan tentang nama kita jangan pernah malu. Sebagai umat, kita harus berpendirian teguh untuk yang benar dan kebenaran. Dengan demikian kita memuliakan Allah. Surat 106, 1903

Yang bekerja merusak organisasi adalah dalam keadaan tertipu.
TM 28 #139852 Let none of our brethren be so deceived as to attempt to tear it down, for you will thus bring in a condition of things that you do not dream of. In the name of the Lord I declare to you that it is to stand, strengthened, established, and settled. Biarlah jangan ada diantara saudara-saudara kita menjadi sedemikian tertipu karena usaha meruntuhkan (organisasi gereja) itu, karena dengan demikian anda membawanya pada keadaan yang anda tidak harapkan. Dalam nama Tuhan saya nyatakan kepadamu bahwa (organisasi gereja) itu tetap akan berdiri, dikuatkan, diteguhkan dan tetap berdiri teguh.

VIII. YESUS TIDAK PERNAH ANGGAP MAHK TELAH MENJADI BABILON

Yesus tidak pernah anggap anggota gereja itu Babilon, Yesus tidak pernah memanggil mereka keluar
2 SM 67 #101413 Yesus akan masuk untuk memberikan kepada pribadi anggota-anggota gereja berkat yang limpah bila mereka buka pintu padaNya. Ia tidak pernah menganggap mereka Babilon ataupun memanggil mereka keluar. Tapi Ia berkata: Sebanyak yang Aku kasihi, Aku tegur dan hajar. Surat 16, 1893

Begitu dekat Kristus menyatu dengan umatNya sehingga tidak mungkin gereja itu Babilon
TM 20 #139833 Allah memiliki sebuah gereja, sekelompok umat pilihan, dan dapatkah semua mengerti sebagaimana yang saya mengerti bahwa begitu dekat Kristus sendiri bersekutu dengan umatNya sehingga tidak mungkin terdengar pekabaran seperti itu yang menuduh gereja sebagai Babilon.

IX. ELLEN G. WHITE MEMBELA MAHK DARI TUDUHAN BABILON

Ellen G. White jelas membela MAHK dari TUDUHAN BABILON dengan menegaskan bahwa tuduhan ini bukan dari Allah
1MR354 #246122 Betapa beraninya manusia yang fana dapat menghukumkan dengan mengatakan sidang itu berzina, Babilon, goa penyamun, sangkar burung najis . . . bersekutu dengan raja-raja dan orang-orang besar di dunia ini, . . lalu mengatakan bahwa dosanya sudah naik menjadi suatu peringatan bagi Tuhan . . . .Apakah kabar ini yang ditujukan kepada Masehi Advent Hari Ketujuh? Aku mengatakan kepadamu, TIDAK! Allah tidak memberikan seorang pun pekabaran demikian. Biarlah kiranya orang ini merendahkan hati mereka dihadapan Allah dalam pertobatan yang benar . . . Manuscript, 21

Jangan mencobagunakan pekabaran aneh itu, jangan pernah berpikir bhwa MAHK sama dengan Babilon.
TM 61 #139924 Adalah tugas pribadi kita berjalan dengan rendah hati dengan Allah. Kita tidak harus mencobagunakan pekabaran baru yang aneh. Kita tidak harus berpikir bahwa umat-umat pilihan Allah yang sedang berusaha berjalan di dalam terang itulah yang menjadi Babilon.

X. PEKABARAN PALSU SEPERTI INI AKAN MUNCUL LAGI SAMBIL MENYATAKAN BAHWA MEREKA DISURUH ALLAH PADAHAL YANG ADA PADA MEREKA HANYALAH KEPALSUAN DAN KEGELAPAN

Pekabaran palsu seperti ini akan muncul lagi.
TM 41 #139878 (EGW berbicara tentang pekabaran palsu yang dari agen-agen setan ). Pekabaran-pekabaran seperti itu juga akan muncul, dan mereka akan menuntut hak bahwa mereka disuruh Allah tetapi tuntutan-tuntutan seperti itu adalah palsu; karena mereka tidak ada terang melainkan yang ada hanyalah kegelapan.

Pendirian seperti Sdr. S. akan dianut oleh yang lain-lain yaitu yang berada dalam kesalahan.
TM 58 #139916 (kepada seorang yang menganggap MAHK adalah Babilon dan umat-umat Allah harus keluar dari padanya).
Karena kepada saya diperlihatkan oleh Tuhan bahwa pendirian-pendirian semacam itulah yang akan dianut oleh mereka yang berada dalam kesalahan . . . . Anda bukanlah satu-satunya yang tertipu oleh setan dalam soal seperti ini. Tetapi pada empat puluh tahun terakhir ini bergantian orang yang muncul dan menganggap Tuhan yang memberi pekabaran yang sama kepada mereka; tapi izinkan saya berbicara padamu sebagaimana saya sudah berbicara kepada mereka bahwa pekabaran yang anda sedang kumandangkan ini adalah satu dari penipuan setan yang dimaksudkan untuk menciptakan kekacauan diantara gereja-gereja.

XI. MENGAPA TUDUHAN-TUDUHAN MAHK ITU BABILON TIDAK BOLEH DIPERCAYA?

Tuduhan bahwa MAHK sama sifatnya dengan Babilon, jangan dipercaya.
2 SM 64 #101400 Tetapi soal ini mengingatkan saya pada kasus-kasus lain dimana pribadi-pribadi mengaku memiliki pekabaran-pekabaran untuk MAHK yang sifatnya sama, (sama dengan tuduhan Babilon) dan perkataan yang diberikan kepada saya adalah jangan percaya mereka. Saya tidak mengirim mereka tapi mereka pergi. Surat 16 1893

Panggilan agar umat Allah keluar dari MAHK, tidak berasal dari jurukabar surgawi dan tidak diilhami Roh Allah.
2 SM 66 #101411 Pekabaran yang menyatakan gereja MAHK Babilon, dan memanggil umat Allah keluar dari padanya, tidak datang dari seseorang jurukabar surga atau alat manusia yang diilhami Roh Allah.

Penuduh-penuduh MAHK Babilon, tidak melakukan kebenaran.
2 SM 63 #101400 Saya telah menulis surat-surat yang panjang pada waktu-waktu yang berbeda kepada mereka yang menuduh gereja MAHK menjadi Babilon, bahwa mereka tidak melakukan kebenaran. Surat 16, 1893

Penuduh MAHK Babilon yang menjadi tidak waras.
2 SM 64 #101402 (E.G. White ceritakan tentang seorang yang keras menganggap MAHK adalah Babilon. E. G. White dan kawan-kawan nasihati dia, dengan menunjukkan alasan bahwa pendapatnya salah. Lalu ada kuasa datang padanya dan ia berteriak, pikirannya menjadi tidak seimbang dan dibawa kerumah sakit jiwa),

Yang menyerukan MAHK Babilon, sedang bersatu dengan persekutuan setan
TM 36 #139871 Bertahun-tahun saya sudah menyatakan kesaksian saya dengan tujuan bahwa bila ada yang muncul yang menganggap memiliki terang yang besar tapi ternyata merusak apa yang Tuhan telah bangun melalui alat-alat manusiaNya, maka mereka adalah amat sangat tertipu dan adalah tidak bekerja pada jalur dimana Kristus sedang bekerja. Mereka yang menegaskan bahwa gereja-gereja MAHK sama rupa dengan Babilon atau sebagian dari Babilon lebih baik tinggal di Rumah. Biarlah mereka berhenti dan merenungkan kembali apa pekabaran yang harus dikumandangkan pada masa kini. Gantinya bekerja dengan alat-alat Ilahi untuk menyediakan umat buat berdiri pada hari Tuhan, mereka telah mengambil sikap memihak dengan dia yang adalah penuduh sesama saudara yang menuduh-nuduh mereka dihadapan Tuhan siang dan malam. Alat-alat setan ini telah bergerak maju dan mengilhami orang-orang untuk bersatu degan persekutuan kejahatan agar mereka dapat mengacau, mengganggu dan menciptakan kesulitan yang berbahaya bagi umat-umat Allah.

XII. TUHAN MELALUI ROH NUBUATAN MENEGASKAN BAHWA GEREJA MAHK MEMANG AKAN BANYAK KEKURANGAN DAN CACAT SAMPAI KIAMAT DUNIA

Gereja itu banyak kekurangan dan cacat tapi tetap menjadi satu-satunya sasaran perhatian Allah yang paling utama.
TM 15 #139824 Saya menyaksikan kepada saudara-saudara dan saudari-saudariku bahwa gereja Kristus, sebagaimana keadaannya yang lemah dan bercacat adalah satu-satunya sasaran di atas bumi dimana Ia mencurahkan perhatiannya yang paling utama. Surat dari Melbourne pada 23 Dec. 1898 kepada General Conference.

Kejahatan-kejahatan dalam gereja malah akan ada sampai kiamat.
TM 49 #139894 Walaupun ada kejahatan-kejahatan dalam gereja dan akan ada sampai kiamat dunia, gereja pada zaman akhir ini tetap menjadi terang kepada dunia yang dikotori oleh dosa. Gereja itu, lemah dan bercacat, perlu di tegur, diamarkan, dinasihati tapi (gereja itu) adalah satu-satunya sasaran diatas dunia ini dimana Kristus mencurahkan perhatianNya yang paling utama. 12 Sept. 1893.
2 SM 396 #102691 Kita harus ingat bahwa Gereja, walau lemah dan bercacat keadaannya adalah satu-satunya sasaran atas bumi dimana Kristus mencurahkan perhatianNya yang paling utama.Ia terus menerus menjaganya dengan penuh perhatian dan mengutkannya dengan Roh Suci.Ms. 155, 1902. Ditulis pada 22 Nov. 1902
2 SM 396 #102692 Percayalah pada pengawalan Allah. GerejaNya akan diajar. Bagaimanapun juga lemah dan bercacat, tapi adalah sasaran perhatianNya yang paling utama. Surat 279, 1904.Ditulis pada 1 August. 1904

Tuhan tidak menjamin gereja itu sempurna walau sungguh-sungguh sekalipun
TM 47 #59999 (Sesudah berbicara tentang orang-orang yang kecewa melihat kekurangan-kekurangan dalam gereja)

But we need not be thus disappointed, for the Lord has not warranted us in coming to the conclusion that the church is perfect; and all our zeal will not be successful in making the church militant as pure as the church triumphant.--TM 47 (1893) Tapi kita tak perlu kecewa sedemikian, karena Tuhan tidak menjamin kita datang pada kesimpulan bahwa gereja itu sempurna; dan kesungguh-sungguhan kitapun tidak akan berhasil menjadikan gereja yang masih berjuang itu menjadi sama suci dengan gereja yang sudah menang. Tuhan melarang kita melangkah pada cara yang salah dalam melawan mereka yang kita pikir bersalah, dan kita tidak harus menjalankan pengucilan dan kutukan-kutukan terhadap yang bersalah. 12 September 1893 #139889

MAHK tetap eksis sampai kiamat.
2 SM 397 #102696 Saya diperintahkan untuk mengatakan kepada MAHK di seluruh dunia bahwa Allah telah mengambil kita sebagai satu umat untuk menjadi harta istimewa bagiNya. Ia telah menentukan bahwa gerejaNya diatas bumi ini akan tetap berdiri dalam kesatuan yang sempurna di dalam Roh dan nasihat Tuhan semesta alam sampai kiamat. Ditulis pada 21 Jan. 1908

XIII. TUHAN MENEGASKAN BAHWA MAHK BELUMLAH GEREJA YANG SUDAH MENANG (TRIUMPHANT) TAPI GEREJA YANG MASIH BERJUANG (MILITAN)

Gereja Allah masih berjuang, dan gereja itu memang masih belum menjadi pemenang.
TM 21, 22 #139835 Gereja yang sifatnya masih berjuang, pada sekarang ini belumlah gereja yang sifatnya sudah menang; tetapi Allah mengasihi gerejaNya dan menggambarkannya melalui Nabi bagaimana Ia melawan dan menolak setan yang sedang menudungi anak-anak Allah dengan jubah yang paling gelap dan paling kotor dan menunggu kesempatan untuk menghancurkan mereka. Ditulis pada 23 Dec. 1892

Gereja Allah masih berjuang.
TM 45 #139885 Tidakkah Allah mempunyai gereja yang hidup? Ia mempunyai sebuah gereja, tapi gereja itu masih berjuang (militant), dan bukan gereja yang sudah menang (triumphant). Ditulis pada 12 sept, 1893

XIV. KESALAHAN-KESALAHAN DALAM GEREJA BUKAN BUKTI BAHWA ALLAH SUDAH MENOLAKNYA

Adanya kesalahan-kesalahan dalam gereja bukan bukti Tuhan sudah tidak mengasihi gereja itu.
2 SM 81 #101471 Tuhan menegur kesalahan-kesalahan pada umatNya, tapi apakah ini bukti bahwa Ia telah menolak mereka? Tidak. Ada kesalahan-kesalahan di dalam gereja, dan Tuhan menunjuk kesalahan-kesalahan itu melalui agen-agenNya yang diurapi, . . .Sekarang, akankah kita menggunakan teguran-teguran ini untuk dijadikan kesempatan buat berkata bahwa Allah tidak lagi membagikan terang dan kasihnya kepada mereka? Tidak. Pekerjaan itu yang Allah sedang lakukan bagi mereka adalah bukti bahwa Ia masih mengasihi mereka dan ingin menarik mereka jauh dari jalan berbahaya. Surat 11, 1890

Teguran tetap teguran tapi gereja itu tetap milik dan alat Allah.
7 BC 967 (Unbound MS 37) #108532 Tidak ada pekabaran yang mengecewakan gereja. Walaupun teguran-teguran, amaran-amaran dan koreksi telah dibuat tapi gereja tetap berdiri sebagai alat Allah untuk menyebarkan terang. Umat Allah yang memelihara hukum telah mengumandangkan amaran kepada dunia, kepada semua bangsa, bahasa dam kaum. Gereja Allah adalah saksi yang hidup, saksi yang terus menerus untuk meyakinkan manusia bila diterima dan menghukum mereka bila ditolak dan dilawan.

Teguran-teguran keras kepada Laodikia tidak tepat dipakai diluar latar belakang dan memanggil keluar umat dari gereja MAHK adalah penipuan.
TM 36 #139870 Tuhan telah memberikan kepada umat-umatNya pekabaran yang layak sebagi peringatan, teguran, nasehat dan instruksi tapi adalah tidak tepat menggunakan pekabaran ini keluar dari sangkut pautnya dan menempatkannya pada keadaan seolah-olah menguatkan pekabaran-pekabaran yang salah. Pada surat edaran yang diterbitkan oleh sdr. S dan kawan-kawannya ia menuduh gereja Allah sedang menjadi Babilon, dan mendesakkan satu pemisahan dari gereja itu. Usaha-usaha seperti itu adalah tidak terpuji dan juga tidak benar . . . saya tidak ragu mengatakan bahwa mereka yang mendesakkan usaha-usaha seperti ini adalah amat sangat tertipu.

Tuhan menegur dan menghajar tapi hanya untuk membangunkan.
TM 323 # Tuhan tidak meletakkan ke atas seseorang sebuah pekabaran yang akan mengecewakan dan mematahkan harapan gereja. Ia menegur, Ia mengecam, Ia menghajar; tapi ini hanyalah agar Ia dapat membangunkan dan menerima mereka. Di tulis pada 23 Dec. 1892

Dosa-dosa tidak menjadikan gereja itu dimusnahkan.
2 SM 69 #101419 Anggota gereja yang sombong, rasa diri hebat, keras kepala, tidak beriman, tidak mau mengalah walau bukti-bukti bersusun-susun untuk mengamalkan pekabaran kepada gereja Laodikia. Tapi itu tak akanmembuat gereja itu terhapus sehingga tidak ada lagi. Biarlah lalang dan gandum bersama-bersama bertumbuh sampai penyabitan. Pada waktu itu malaikat-malaikat yang akan menunaikan tugas pemisahan.

Tuhan tidak menghancurkan mereka yang rindu bertobat.
TM 45,46 #139886 Walau gereja-gereja kita yang mengaku percaya kebenaran, tetapi terdapatlah mereka yang bersalah dan membuat kesalahan sebagai lalang diantara gandum. Allah itu tabah dan panjang sabar.Ia menegur dan mengamarkan yang bersalah, tapi Ia tidak menghancurkan mereka yang rindu mempelajari pelajaran yang Ia akan ajarkan; Ia tidak memcabut lalang dari gandum. Lalang dan gandum harus bertumbuh bersama-sama sampai penyabitan; bila gandum sudah bertumbuh dan berkembang sempurna dan karena sifatnya itu maka ketika disabit, itu akan dapat sepenuhnya dibedakan dari lalang. 12 sept. 1893

Tuhan tidak hancurkan gereja itu karena tidak sempurna.
TM 46 #139887 Gereja Kristus dibumi akan tidak sempurna tapi Tuhan tidak menghancurkannya karena ketidaksempurnaan itu . . . . Tetapi Kristus telah memberikan terang khusus bagaimana memperlakukan mereka yang bersalah dan mereka yang tidak bertobat yang berada dalam gereja. 12 Sept. 1893

Setan menunjuk-nunjuk kesalahan gereja tapi Allah membela.
2 SM 397 #102697 Tak ada di dunia ini yang begitu dekat dengan hati Allah seperti gerejaNya. Dengan perhatian yang penuh kewaspadaan Ia menjaga mereka yang mencari Dia. Tidak ada yang begitu menyusahkan hati Allah seperti usaha-usaha hamba-hamba setan merampok umatNya dari hak-hak mereka. Tuhan tidak meninggalkan umatNya. Setan menunjuk-nunjuk kesalahan-kesalahan yang mereka telah buat dan berusaha meyakinkan mereka bahwa kesalahan-kesalahan ini telah memisahkan mereka dari Allah. Malaikat-malaikat jahat berusaha dengan berbagai cara untuk mengecewakan mereka yang sedang berjuang mengalahkan dosa. Mereka (malaikat-malaikat jahat) memperlihatkan ketidaklayakan-ketidaklayakan mereka masa lalu dan menyatakan keadaan mereka itu sebagai tak berpengharapan. Tapi kita mempunyai Penebus yang Mahakuasa. . . .Ia diberi kuasa untuk . . .memberi bantuan kepada mereka yang bertobat yaitu mereka yang diyakinkan dari keadaannya yang berdosa.Ditulis pada 26 Nov. 1910

Tuhan membela umatNya yang dituduh-tuduh.
TM 39 #139876 Setan berdiri didepan semua penuduh sesama saudara; tapi ketika ia menunjukkan dosa-dosa umat Allah, apakah jawaban Allah? Ia berkata Tuhan mengecam engkau hai Setan; bahkan Tuhan yang memilih Yerusalem mengecam engkau. Bukankah ini adalah puntung yang direbut dari api? Setiap dosa oleh mana mereka telah merasa bersalah, diampuni dan mereka berdiri dihadapan Allah sebagai pilihan, benar, suci, sempurna seperti saja mereka belum pernah berbuat dosa. 12 Sept. 1893

Tuhan akan menyembuhkan kemurtadan
2 SM 67 #101414 Aku berkata didalam takut dan kasih akan Allah, aku tahu Tuhan mempunyai pikiran untuk mengasihi dan berkemurahan mengembalikan dan menyembuhkan semua kemurtadan mereka. Ia mempunyai pekerjaan untuk dilakukan oleh gerejaNya. Mereka tidak harus dinyatakan Babilon tapi sebagai garam dunia, terang dunia. Mereka harus menjadi jurukabar-jurukabar yang hidup, mengumandangkan pekabaran yang hidup pada zaman akhir ini. Surat 16, 1893.

Yang bertobat akan diterima Allah
TM 41 # Bagaimanapun juga lemahnya dan tidak berdayanya umat Allah, mereka yang kembali dari ketidaksetiaan kepada Allah pada generasi jahat dan bejat ini, dan kembali kedalam persekutuan dan berdiri mempertahankan hukum Allah yang suci . . . . akan dianggap sebagai anak-anak Allah dan melalui kebenaran Kristus ia akan berdiri sempurna dihadapan Allah. 12 Sept. 1893

XV. SIAPA YANG AKAN DIMUNTAHKAN ALLAH DARI MULUTNYA

Wah 3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, . . . 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Yang akan dimuntahkan oleh Tuhan adalah mereka yang tidak bertobat, bukan gereja.
2 SM 66 #101411 Pekabaran kepada orang-orang Laodikia dikenakan kepada MAHK yang mempunyai terang besar tetapi tidak berjalan pada terang itu. Adalah mereka yang membuat pengakuan tapi tidak ikut jejak pemimpin mereka yang akan dimuntahkan dari mulutnya kecuali mereka bertobat. Surat 16,1893

Yang setengah-setengah bertobat yang akan dimuntahkan.
7 BC 963 (MS 163a, 1898) # Ada orang-orang yang walaupun mengaku melayani Allah tapi sedang bersaksi melawan Dia. Kepada mereka pekabaran Laodekia diberikan . . . tentang mereka-mereka yang setengah-setengah bertobat ini Ia berkata, Aku akan muntahkan dari mulutKu. Mereka adalah lawan bagi Ku.

Yang hanya mengaku tapi tidak menurut yang akan dimuntahkan.
7 BC 963 (MS 138, 1902) #108495 Ada sejumlah besar orang-orang yang mengaku Kristen tapi sesungguhnya tidak mengikut Yesus . . . . Tentang mereka Yesus berkata: . . . .karena engkau suam, Aku akan muntahkan engkau dari mulutKu. Mari kita berterima kasih kepada Tuhan karena sementara rombongan ini begitu banyak tapi masih ada waktu untuk bertobat.

Gereja akan ditampik, sebagian besar tertampik keluar
2 SM 368 #102587 Bila hukum Allah dijadikan tidak berlaku lagi oleh dunia, gereja akan ditampik oleh ujian-ujian yang ganas, dan akan ada bagian yang lebih besar daripada yang kita ketahui sekarang, akan memberikan perhatiannya kepada roh-roh yang menipu dan doktrin-doktrin setan. Gantinya terkuatkan ketika dibawa ke keadaan yang sulit, justru banyak yang terbukti bukan cabang hidup dari pokok anggur yang benar; mereka tidak berbuah dan tuan tanah membuang mereka.

Orang-orang berdosa dalam Zion (gereja) yang akan ditampik keluar sementara organisasi gereja tetap teguh.
2 SM 380 #102625 Setan akan mengerjakan mujizatnya untuk menipu; ia akan buktikan kuasanya sebagai yang tertinggi. Gereja kelihatan gugur tapi itu tidak gugur. Gereja tetap teguh sementara orang-orang berdosa di Zion itu ditampik keluar. Dedak dipisahkan dari gandum yang berharga. Hal ini adalah cobaan yang berat tapi bagaimanapun juga harus terjadi. Surat 55, 1886

XVI. GEREJA MAHK BUKAN TIDAK BERPENGHARAPAN

Gereja masih ada kesempatan membeli kebenaran, iman, dan kasih dan menjadi kaya dalam harta benda surgawi.
7 BC 965 (RH 24 Juli, 1888 #108515 Masih ada harapan bagi gereja-gereja kita bila mereka memberikan perhatian pada pekabaran yang diberikan kepada orang-orang Laodikia. (MS 19, 1903)

Gereja itu bukan tidak berpengharapan seperti 5 anak darah yang bodoh.
7BC966 #108527, 108528 Namun demikian, persoalan dari mereka yang ditegur itu bukanlah tidak berpengharapan; (Wahyu 3:18). Walaupun pengikut-pengikut Kristus itu berada dalam keadaan berkekurangan, tapi mereka belumlah sedemikian parah seperti anak darah yang bodoh dengan lampu-lampu yang sedang mati sehingga tidak ada waktu untuk menambah minyak pada pelita.

Ada lalang dalam gandum tapi Tuhan tidak biarkan gerejaNya hancur berkeping-keping.
2 SM 68 #101418 Kembali lagi aku berkata, Tuhan tidak berbicara melalui jurukabar-jurukabar yang menganggap gereja pemelihara hukum Allah itu Babilon. Benar ada lalang diantara gandum; tetapi Kristus berkata Ia akan kirim malaikat-malaikatNya yang pertama-tama akan mengumpulkan gandum kedalam tempat penyimpanan. Aku tahu Tuhan mengasihi gerejaNya. Itu tidak akan dijadikan berantakan atau dihancurkan berkeping-keping. Surat 16, 1893

Pribadi-pribadilah yang diharapkan bertobat.
7 BC 961 (MS 33, 1894) #108483 Pekabaran kepada gereja Laodikia sangat tepat bagi kita sebagai umat.Itu sudah lama diberikan kepada kita tapi tidak diberi perhatian semestinya. Bila usaha pertobatan adalah sungguh-sungguh dan mendalam, pribadi anggota-anggota gereja akan membeli kelimpahan harta benda sorgawi.

Pekabaran Laodikia bukan untuk dipakai buat menuduh-nuduh pribadi-pribadi yang diharapkan bertobat.
7 BC 962 (2 SG 223) #108489 Maksud pekabaran kepada Laodikia adalah memisahkan gereja dari . . . pengaruh-pengaruh fanatik; tapi usaha setan telah merobah pekabaran itu dan merusak pengaruhnya.Ia (setan) merasa lebih senang memiliki orang-orang yang fanatik memeluk kesaksian (Roh Nubuat), dan menggunakannya bagi pekerjaannya daripada memiliki mereka dalam keadaan tetap suam. Saya telah melihat bahwa pekabaran itu bukanlah dimaksudkan memimpin seorang saudara untuk duduk menghakimi sesama saudaranya, mendiktekan apa yang harus dibuat dan menentukan berapa jauh saja ia boleh berjalan, tapi pekabaran itu adalah bagi setiap pribadi untuk menyelidiki hatinya sendiri dan mengatur perbuatan pribadinya sendiri.

Kalau orang-orang di General Conference sudah bertobat, tidak patut lagi disebut-sebut Babilon. Para penuduh biarlah anda bertobat.
TM 23 #139837 Betapa senang hati saya karena berita dari General Conference bahwa banyak hati yang telah dilembutkan dan diserahkan, banyak yang telah membuat pengakuan, dan membersihkan hati dari kekotoran-kekotoran yang membuat Yesus keluar . . . lalu mengapa ada surat-surat edaran yang menuduh-nuduh MAHK sebagai Babilon tersebar luas dimana-mana tepat pada saat gereja itu sedang menerima curahan Roh Allah? Mengapa orang-orang itu menjadi sedemikian tertipu karena menganggap seruan nyaring itu berisi panggilan agar uamt-umat Allah keluar dari persekutuan dengan sebuah gereja yang menikmati masa penyegaran? Oh, biarlah kiranya jiwa-jiwa yang tertipu ini datang pada jalur, dan dengan demikian menerima berkat dan memperoleh kuasa dari atas.

Kalau para penuduh MAHK itu Babilon sudah menggunakan uang mereka untuk mendukung gereja gantinya merusak, maka mereka adalah dipimpin Allah.
TM 43 #139880 Bila mereka yang menggunakan pekabaran bahwa gereja adalah Babilon, sudah menggunakan uang yang digunakan mencetak dan mengedarkan kesalahan-kesalahan ini untuk membangun gantinya merusak, maka mereka telah membuktikan bahwa mereka adalah umat yang sedang dipimpin Allah.

Sumber : Pdt DR.Tumalun…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar